Cara Menyambung Wifi di Laptop dengan 3 Cara Mudah

cara menyambung wifi di laptop

Pernahkan wifi tidak dapat disambungkan pada laptop? Seperti yang telah diketahui bahwa Wifi yang ada pada laptop memang tidak selalu diaktifkan. Namun jika kembali membutuhkan koneksi internet maka wifi akan dihidupkan. Namun terkadang wifi tidak bisa di sambungkan ke laptop. Lalu bagaimana cara menyambung wifi di laptop?

Perlu diketahui bahwa setiap laptop saat ini telah dilengkapi dengan yang namanya adapter wifi. Adapter wifi ini, dapat memudahkan setiap pengguna dalam menggunakan internet kapan saja. Namun sayang sekali jika wifi tidak dapat disambungkan ke laptop. Sebab itulah banyak yang mencari tahu bagaimana cara menyambung wifi ke laptop.

Bagi yang penasaran bagaimana cara menyambung wifi di laptop, bisa simak artikel bawah ini:

1. Menggunakan Tombol Wifi

Menyambungkan laptop ke jaringan Wi-Fi dapat dilakukan dengan cara yang paling sederhana. Beberapa jenis laptop menyediakan tombol khusus yang memudahkan pengguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan konektivitas Wi-Fi.

Tombol Wi-Fi ini umumnya terletak di bagian atas atau samping keyboard, tombol ini letaknya sesuai dengan model laptop yang digunakan. Mengaktifkannya hanya memerlukan tekanan ringan pada tombol Wi-Fi tersebut.

Tombol Wi-Fi seringkali sudah lengkap dengan lampu indikator yang akan memberikan arahan terhadap koneksi internet aktif saat Wi-Fi dihidupkan atau tidak. Sementara untuk mematikannya, pengguna hanya perlu menekan tombol Wi-Fi sampai lampu indikatornya mati.

2. Menggunakan Tombol Fn

Jika laptop yang dimiliki belum lengkap dengan tombol khusus untuk Wi-Fi, ada cara yang cukup terbilang mudah untuk menghubungkan laptop ke jaringan Wi-Fi. Hampir semua jenis laptop telah dilengkapi dengan tombol fungsi khusus untuk mengaktifkan Wi-Fi.

Tombol fungsi ini biasanya ditempatkan pada deretan F1 hingga F12 di bagian atas keyboard. Untuk menghubungkan Wi-Fi menggunakan tombol Fn, caranya cukup mudah.

Beberapa tombol fungsi mungkin dilengkapi dengan lampu indikator di atasnya, menunjukkan status Wi-Fi yang aktif. Fungsi lain dari lampu indikator ini yaitu mematikannya. Jika ingin menonaktifkan hanya perlu menekan tombol Fn dan F10 lagi secara bersamaan.

Selain dengan cara tersebut, beberapa laptop juga memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan Wi-Fi langsung dengan memencet tombol berlogo Wi-Fi selama beberapa saat, tanpa perlu memencet tombol Fn secara barengan..

3. Melalui Windows Mobility Center

Jika dari kedua cara sebelumnya belum berhasil dalam masalah Wi-Fi dengan laptop, maka cara terakhir ini menjadi pilihan terakhir. Pilihan ketiga ini solusi terbaik untuk digunakan ketika perangkat komputer atau laptop sudah dilengkapi dengan wireless card. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Bagi yang saat ini menggunakan Windows 7, untuk langkah awal cobalah untuk klik tombol yang bertuliskan Start letaknya pada bagian sisi kiri taskbar, kemudian pilih opsi Control Panel.

Bagi yang saat ini memakai laptop Windows 8, cukup dengan geser kursor ke bagian pojok kanan layar pada laptop, kemudian pilih opsi pengaturan, dan langkah akhir pilih menu Control Panel.

Jika sudah masuk ke bagian menu Control Panel, selanjutnya pilih opsi yang bertuliskan Adjust commonly used mobility settings, letaknya di bagian bawah kategori Hardware and Sound.

Selanjutnya, akan muncul gambar berbentuk  jendela dengan banyak macam ikon seperti display,kemudian volume, dan masih banyak lagi. Pada ikon Wi-Fi,jangan lupa untuk klik menu Turn wireless on.

Selain itu perlu di perhatikan juga untuk mempertimbangkan bagian taskbar di sisi bagian kanan. Jika sudah terdapat logo wireless, berarti hal ini menandakan bahwa koneksi Wi-Fi telah berhasil konek.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menyambung wifi di laptop yang lengkap. Pilihlah satu dari ketiga cara diatas untuk menyambungkan wifi ke laptop yang saat ini digunakan. Namun jika ketiga cara diatas tidak berhasil maka bawalah laptop ke tukang laptop agar ditangani yang sudah profesional mengenai masalah laptop.

Leave a Comment