Cara Cek Touchscreen dengan 3 Metode yang Mudah

cara cek touchscreen

Dalam era teknologi saat ini, touchscreen menjadi komponen pada banyak perangkat, smartphone. Namun terkadang banyak yang mengalami kendala, seperti touchscreen yang tidak responsif. Untuk mengatasi masalah ini, memahami cara cek touchscreen menjadi suatu hal penting.

Seperti yang telah diketahui bahwa touchscreen adalah teknologi layar sentuh yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan perangkat elektronik melalui sentuhan langsung pada permukaan layar. Layar ini peka terhadap sentuhan jari atau menggunakan alat penunjuk khusus, berguna untuk navigasi, input data, dan eksekusi perintah dengan cara yang lebih intuitif.

Touchscreen banyak digunakan pada smartphone, tablet, laptop, dan perangkat lainnya. Keberadaannya telah mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi, memberikan pengalaman pengguna yang lebih mudah dan cepat.

Bagi yang mempunyai touchscreen namun terkendala, maka bisa gunakan cara cara di bawah ini:

1. Menggunakan kode rahasia khusus

Cara cek touchscreen pertama yaitu dengan menggunakan kode rahasia. Jadi kode rahasia ini hampir tersedia di semua ponsel Android. Dari keluaran lama hingga saat ini keluaran terbaru.

Dengan adanya kode rahasia ini bisa digunakan untuk mengecek touchscreen. Caranya pun tentu ada langkah khususnya. Berikut langkah langkahnya:

  • Langkah awal buka menu telepon pada ponsel yang digunakan

  • Selanjutnya ketik kode *#0*#* atau #*#0*#*#*

  • Tunggu beberapa saat karena biasanya akan loading

  • Jika sudah maka akan muncul gambar berbentuk jendela Touchscreen test

  • Selanjutnya silahkan lakukan cek Touchscreen sampai selesai

  • Selesai.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua kode rahasia ini dapat digunakan di semua jenis merk HP. Hanya sebagian merk hp saja ya bisa menggunakan kode rahasia ini. Tapi jangan khawatir, karena masih ada kode lain yang bisa digunakan. Kode tersebut adalah ##2664## sebagai alternatif saja.

2. Menggunakan aplikasi cek layar

Verifikasi keberfungsi touchscreen juga dapat dilaksanakan melalui penggunaan aplikasi khusus. Prosesnya terjadi saat aplikasi ini mampu mendeteksi setiap sentuhan pada layar, lalu menilai apakah sentuhan tersebut dapat dianggap normal atau tidak.

Salah satu aplikasi yang berguna dalam konteks ini adalah Touchscreen Test. Saya pribadi telah terbiasa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pengecekan pada layar perangkat Android yang saya gunakan.

Caranya sebagai berikut:

  • Pasanglah terlebih dahulu Touchscreen Test yang ada di Google Play Store

  • Jika proses instalan sudah selesai maka aplikasi segeralah dibuka

  • Langkah selanjutnya yaitu dengan ketuk star tes untuk menguji layar, caranya dengan mengetuk beberapa kali dan geser geser.

  • Ulangi start tes tersebut sampai selesai.

3. Menggunakan Aplikasi Gambar

Cara ini biasanya cara yang kebanyakan orang orang pakai untuk melakukan pengetesan terhadap touchscreen. Secara prinsip, aplikasi gambar beroperasi dengan merespons setiap sentuhan yang diberikan pada layar.

Apabila hasil gambar tidak tampak pada aplikasi, dapat diindikasikan bahwa bagian layar yang bersangkutan mengalami kerusakan. Caranya juga cukup mudah. Berikut cara langkahnya:

  • Langkah awal instal dahulu aplikasi gambar pada google play store

  • Jika sudah terinstal langsung saja buka aplikasi gambar ini

  • Selanjutnya buatlah garis garis pada aplikasi ini dan pada tempat yang disediakan

  • Kalau bisa gambar semua layar dan penuhi coretan coretan.

Perlu diingat bawah di google play store aplikasi ini terdiri dari berbagai macam. Namun belum ada yang menyarankan untuk mendownload aplikasi dengan fitur yang mendukung. Tujuan dari aplikasi gambar ini adalah agar seluruh layar dari atas sampai bawa dapat di cek dengan pasti serta mengetahui bagian mana yang rusak.

Demikianlah pembahasan mengenai cara cek touchscreen dengan tiga cara mudah. Pilihlah satu dari ketiga cara diatas dan perhatikan setiap langkah langkahnya agar touchscreen dapat terdeteksi dengan detail layarnya.

Leave a Comment