Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Windows 10? Ternyata Ini Penyebabnya

touchpad laptop tidak berfungsi windows 10

Touchpad laptop tidak berfungsi windows 10 memang menjadi masalah yang terkadang sering terjadi. Namun masalah tersebut sebenarnya bisa dibilang masalah yang tidak terlalu besar dan bisa diperbaiki secara mandiri.

Jika menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10, kemungkinan pernah mengalami masalah ketika tiba-tiba touchpad laptop tidak berfungsi. Kondisi seperti ini dapat mengganggu aktivitas komputasi. 

Namun, jangan khawatir, ada beberapa penyebab umum yang mungkin menjadi pemicu masalah ini dan juga solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah penjelasannya secara detail:

1. Terjadi Serangan Virus

Saat laptop terinfeksi virus, dapat menyebabkan gangguan pada fungsionalitasnya. Virus dapat mengganggu sistem operasi laptop dan bahkan mempengaruhi kinerja touchpad.

Solusinya adalah menggunakan perangkat lunak antivirus. Ada berbagai pilihan antivirus yang dapat digunakan, yang harus dipilih sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi laptop. 

Dengan menggunakan perangkat lunak ini, dapat mencegah masuknya virus dan menjaga keamanan sistem laptop.

2. Pembaruan Sistem Operasi

Ketidakberfungsian touchpad pada laptop dengan sistem operasi Windows 10 sering kali terjadi ketika terjadi pembaruan sistem operasi. Ini bisa terjadi setelah instalasi ulang sistem operasi. Ketika ini terjadi, sistem operasi yang baru bisa mengakibatkan ketidakmampuan touchpad beroperasi secara optimal.

Penyelesaiannya adalah dengan meregistrasi ulang sistem touchpad. Alternatifnya, pengguna dapat melakukan instalasi ulang. 

Strategi ini berguna jika sistem operasi mengalami kerusakan setelah instalasi ulang pertama. Dengan demikian, tersedia dua opsi yang dapat digunakan pengguna untuk mengatasi masalah ini.

3. Driver Belum Update

Masalah selanjutnya mungkin terjadi karena driver touchpad laptop belum diperbarui. Ketidakmampuan untuk mengupdate driver dapat mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruhan. Oleh karena itu, disarankan untuk secara rutin memeriksa dan mengupdate driver touchpad pada laptop.

Pembaruan driver biasanya dapat dilakukan dengan mudah melalui menu pengaturan pada touchpad. Pengguna hanya perlu mengklik opsi Update Driver. Namun, perlu diingat bahwa biasanya akan muncul notifikasi jika driver belum diperbarui secara berkala.

4. Touchpad Belum Diaktifkan

Touchpad laptop tidak berfungsi windows 10 bisa juga karena memang touchpad tersebut belum berada dalam kondisi aktif. Masalah sederhana seperti ketidakaktifan touchpad pada laptop bisa terjadi tanpa disadari, terutama bagi pengguna yang jarang memeriksa pengaturan perangkat mereka. 

Banyak dari mereka yang belum mengaktifkan fungsi touchpad pada laptop, sehingga perangkat tersebut tidak berfungsi seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa fitur touchpad sudah diaktifkan sebelumnya.

Proses mengaktifkan touchpad sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu masuk ke menu pengaturan khusus untuk touchpad. Setelah itu, mereka perlu memastikan bahwa tombol bulat terkait telah dipindahkan ke posisi yang sesuai, mungkin ke arah kanan atau telah berubah warna menjadi biru. Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, touchpad akan aktif kembali dan siap digunakan.

5. Terhubungnya Perangkat Mouse

Sebagian besar pengguna Windows 10 cenderung memilih mouse daripada touchpad karena lebih mudah digunakan dan kurang licin. Namun, kebiasaan ini dapat mengakibatkan penurunan kinerja touchpad.

Disarankan untuk tidak selalu menghubungkan mouse ke laptop. Gunakan mouse hanya ketika benar-benar diperlukan. Kebiasaan menempelkan mouse pada laptop secara terus-menerus dapat mengganggu kinerja touchpad.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memperhatikan hal ini agar touchpad tetap berfungsi optimal.

Itulah penjelasan dan uraian apa yang menjadi penyebab touchpad laptop tidak berfungsi windows 10. Jadi coba periksa beberapa penyebab tersebut pada saat touchpad laptop tidak bisa berfungsi secara normal seperti biasanya. Namun jika semua hal tersebut sudah dicek dan terkonfirmasi tidak ada masalah, maka sebaiknya bawa ke tempat servis laptop.

Leave a Comment