5 Cara Agar WiFi Tidak Bisa Di Scan Barcode, Solusi Agar WiFi Tidak Kebobolan

Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, akses internet tentu juga akan semakin mudah salah satunya dengan WiFi. Namun terkadang ada beberapa oknum yang menyambungkan tanpa ijin. Oleh karenanya cara agar WiFi tidak bisa di scan barcode ini cukup penting dalam melindungi WiFi.

Seperti yang telah diketahui bahwa, untuk menyambungkan perangkat ke WiFi kini telah dapat dilakukan hanya dengan scan barcode. Tentunya hal ini biasanya akan dimanfaatkan oleh oknum jahat yang tidak bertanggung jawab.

Sehingga hal tersebut tentu dapat merugikan pihak pemilik WiFi tersebut. Oleh karenanya pemilik WiFi harus memperketat keamanan WiFi yang dimilikinya.

Namun tak perlu khawatir, hal ini karena berikut ini akan diberikan beberapa cara yang bisa dilakukan agar WiFi tidak bisa di scan barcode. Berikut diantaranya:

1. Mengganti Kata Sandi WiFi

Untuk menjaga keamanan jaringan WiFi, disarankan untuk secara berkala mengubah nama dan kata sandi jaringan. Menggunakan nama jaringan yang kreatif dan tidak mudah ditebak serta menghindari penggunaan nama bawaan dari perangkat dapat membantu mengurangi risiko eksploitasi jaringan.

Selain itu, pemilihan kata sandi yang kuat dan unik juga sangat penting untuk mencegah akses tanpa ijin ke jaringan yang dimiliki. Dengan mengubah nama dan kata sandi secara teratur, pengguna dapat mengurangi kemungkinan pemantauan aktivitas online yang tanpa ijin.

Penting untuk selalu memprioritaskan keamanan dan privasi pengguna serta pengguna lain dalam jaringan untuk memastikan bahwa jaringan tetap terlindungi dari potensi ancaman eksternal.

2. Menonaktifkan Pengaturan Broadcast SSID

Pengguna dapat meningkatkan keamanan jaringan WiFi dengan menghilangkan visibilitas nama jaringan WiFi bagi perangkat di sekitarnya. Langkah ini memberikan lapisan tambahan perlindungan terhadap akses yang tidak sah.

Meskipun perangkat yang telah mengetahui SSID pengguna masih dapat mencoba untuk terhubung, namun langkah ini akan mempersulit orang untuk menemukannya dan mengaksesnya. Adapun untuk menonaktifkan siaran SSID, simak langkah berikut:

  • Langkah pertama adalah masuk ke antarmuka pengaturan router melalui browser web.
  • Selanjutnya, cari opsi yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan atau menyembunyikan SSID.
  • Pastikan untuk menyimpan perubahan yang dibuat sebelum keluar dari antarmuka pengaturan router.

3. Memperkuat Keamanan Jaringan WiFi

Salah satu cara agar wifi tidak bisa di scan barcode adalah dengan memilih metode enkripsi yang kuat untuk jaringan WiFi. Adapun hal tersebut seperti WPA3, asalkan router yang didukung mendukungnya.

Penting juga untuk menghindari metode enkripsi yang sudah usang atau lemah, seperti WEP. Dimana, hal tersebutlah yang dapat dengan mudah ditembus oleh pihak yang tidak berwenang, kemudian memberikan akses tak diinginkan ke jaringan.

4. Mengubah Pengaturan IP Menjadi Statik

Untuk meningkatkan keamanan jaringan WiFi Pengguna, maka bisa dilakukan dengan mengubah pengaturan IP menjadi statistik. Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk mengubah pengaturan IP dari DHCP menjadi statik:

  • Navigasikan ke menu pengaturan WiFi pada perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Pengguna.
  • Pilih jaringan WiFi yang ingin Pengguna amankan dan tahan tekan.
  • Pilih opsi pengaturan atau setelan yang tersedia.
  • Temukan opsi pengaturan IP dan ubah konfigurasi menjadi statik.
  • Catat alamat router Pengguna dan buka peramban web seperti Google Chrome pada perangkat yang sama.
  • Ketik alamat router ke bilah alat peramban dan lakukan login dengan menggunakan kredensial yang tepat.

Itulah beberapa cara agar wifi tidak bisa di scan barcode yang harus diketahui oleh pemilik jaringan. Hal ini tentu untuk menghindari adanya resiko eksploitasi jaringan yang dimiliki tersebut.

Leave a Comment