6 Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca di PC dan Ponsel

Seperti yang diketahui bahwa jika SD card tidak terbaca maka akan menimbulkan beberapa beberapa masalah. Jika sedang mengalami masalah ini, maka jangan khawatir. Karena terdapat cara mengatasi sd card tidak terbaca dengan mudah.

Sd card adalah sebuah kartu memori yang digunakan di di alat portabel, seperti PDA, kamera digital serta smartphone. Bagi yang penasaran mengenai cara mengatasi sd card tidak terbaca ini maka langsung saja simak selengkapnya di bawah ini:

1. Melakukan Restart

Jika menghadapi masalah ketika sd card tidak terbaca, salah satu cara pertama yang bisa dilakukan adalah memulai ulang perangkat yang digunakan, yaitu handphone.

Hal ini karena masalah sd card yang tidak terbaca sering kali disebabkan oleh masalah sistem, seperti penggunaan daya yang berlebihan atau kondisi mati semalam penuh, yang kemudian membuat sd card tidak terbaca ketika perangkat dihidupkan kembali.

Untuk mengatasi masalah ini, maka dapat memulai ulang perangkat yang digunakan. Matikan perangkat sambil melepaskan sd card untuk beberapa saat, kemudian pasang kembali dan hidupkan handphone.

Selain itu, kebiasaan sering melepaskan dan memasang sd card serta mengakses situs yang kurang aman juga dapat menyebabkan sd card tidak terbaca karena potensi serangan malware atau virus.

2. Membersihkan Permukaan Kartu

Ketika sd card mengalami masalah tidak terbaca, langkah yang dapat diambil adalah melepaskannya dan membersihkannya. Bagian sd card yang kotor dapat menyebabkan masalah tidak terbaca, terutama pada lempengan emas yang sulit dibaca oleh sensor perangkat yang digunakan.

Terutama jika sd card sering dilepas-pasang atau bagian emasnya sering disentuh, kemudian diletakkan di tempat yang tidak bersih.

Dengan membersihkan sd card menggunakan tisu kering atau lap bersih, kotoran atau debu yang menempel pada permukaan sd card dapat dihilangkan sehingga perangkat yang menggunakan sd card dapat membacanya dengan baik.

3. Memeriksa Isi di Dalamnya dengan Menyambungkan ke Laptop atau PC

Langkah selanjutnya untuk mengatasi sd card yang tidak terbaca adalah dengan memeriksa isi di dalamnya melalui laptop atau PC. Pengguna dapat menggunakan perangkat hp atau card reader untuk menghubungkannya ke laptop atau PC, lalu ubah mode transfer media ke mode mass storage setelah hp terhubung.

Kemudian, buka menu Explorer atau gunakan shortcut Windows + E pada laptop atau PC. Klik kanan pada drive sd card, pilih Properties > Tools > Error Checking, dan tunggu hingga proses selesai. Setelah itu, eject smartphone dari laptop atau PC untuk memeriksa apakah sd card telah kembali normal.

4. Melakukan Disable

Menghubungkan sd card yang tidak terbaca pada hp ke laptop atau komputer juga dapat digunakan untuk menonaktifkannya. Ini merupakan salah satu cara untuk memperbaiki sd card yang tidak terbaca pada hp dengan mematikan dan menghidupkan kembali sd card dari awal. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menonaktifkan sd card ini antara lain:

  • Menghubungkan sd card dengan smartphone ke laptop atau PC.
  • Masuk ke menu Device Manager.
  • Klik kanan pada perangkat USB Mass Storage Device, lalu klik Disable dan tunggu hingga proses selesai.
  • Klik kanan pada perangkat USB Mass Storage Device lagi, lalu klik Enable.
  • Setelah proses ini selesai, maka dapat memeriksa apakah sd card sudah dapat terbaca oleh perangkat yang digunakan atau belum.

5. Masukkan Sd Card ke Perangkat Lain

Untuk memastikan apakah masalah terletak pada sd card atau perangkat yang digunakan, pengguna dapat mencoba menggunakan sd card tersebut pada perangkat lain. Jika sd card dapat terbaca ketika digunakan pada perangkat lain, kemungkinan masalah terletak pada perangkat sebelumnya, terutama pada bagian slot memory.

Langkah ini dapat menjadi solusi tanpa perlu langsung melakukan format pada sd card yang tidak terbaca.

6. Menggunakan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk mengetahui keadaan sd card yang tidak terbaca melalui laptop atau PC, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu contoh aplikasi atau tools yang dapat digunakan adalah MiniTool Partition Wizard. Aplikasi ini dapat memeriksa apakah sd card mengalami error dan melakukan perbaikan partisi yang membuat sd card dapat digunakan kembali.

Langkah-langkah menggunakan aplikasi ini antara lain:

  • Install MiniTool Partition Wizard Free Edition di laptop atau PC.
  • Pasang sd card di smartphone dihubungkan ke laptop atau PC, lalu pilih driver sesuai sd card.
  • Pilih menu Check File System.
  • Ketika jendela baru muncul, klik menu Check & Fix Detected errors, lalu klik Start.
  • Tunggu hingga proses selesai, kemudian periksa apakah sd card sudah berfungsi normal atau belum.

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi sd card tidak terbaca. Terdapat enam cara mudah yang bisa dilakukan. Namun jika dari keenam cara diatas sudah dilakukan namun sd card tetap tidak terbaca maka kemungkinan sd card sudah rusak.

Leave a Comment