6 Cara Mengatasi Baterai Hp Cepat Habis Xiaomi Tanpa Ke Pusat Servis

Sebagai smartphone yang banyak digunakan di kalangan masyarakat Indonesia, Xiaomi tentu akan memiliki beberapa kendala. Salah satunya yakni baterai yang cepat habis. Adapun cara mengatasi baterai Hp cepat habis Xiaomi ini bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Sehingga dengan adanya beberapa cara tersebut, pengguna tak perlu khawatir lagi jika baterai hp xiaomi yang digunakan cepat habis. Selain itu, hal ini juga bisa dilakukan tanpa bantuan servis.

Penasaran bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai Hp yang cepat habis untuk merk xiaomi ini? Untuk itu, dalam penjelasan ini akan diberikan beberapa caranya, diantaranya:

1. Kurangi Penggunaan Fitur yang Tidak Penting

Fitur yang tidak esensial, seperti kamera dan sejumlah fungsi konektivitas yang terdapat pada telepon seluler seperti Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth, sebaiknya diminimalkan atau dinonaktifkan apabila tidak sedang digunakan. Hal ini dapat membantu menjaga daya tahan baterai agar tetap optimal.

2. Aktifkan Fitur Battery Saver

Pada masa kini, mayoritas perangkat MIUI menyediakan opsi pengaturan untuk menghemat daya baterai. Fasilitas ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan performa ponsel demi efisiensi baterai yang lebih baik. Langkah-langkah untuk mengaktifkannya adalah sebagai berikut:

  • Akses menu Pengaturan atau Settings pada perangkat Xiaomi yang digunakan.
  • Pilih opsi Battery dan kemudian masuk ke Battery Saver.
  • Aktifkan mode penghemat baterai tersebut untuk mengoptimalkan penggunaan daya.

3. Matikan Fitur Auto Brightness

Ponsel Xiaomi telah dilengkapi dengan berbagai tipe yang menawarkan fitur Auto Brightness. Fitur ini secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar dengan tingkat cahaya lingkungan. Meskipun berguna, penggunaan fitur Auto Brightness dapat mengurangi daya tahan baterai.

Oleh karena itu, untuk menghemat daya baterai pada ponsel Xiaomi, pengguna dapat mematikan fitur tersebut. Dengan mematikan fitur Auto Brightness, pengguna dapat menghemat daya baterai hingga 10 persen per jam penggunaan.

4. Update Sistem Operasi Ponsel

Efisiensi ponsel juga ditentukan oleh jenis sistem operasinya. Untuk memastikan kinerja yang optimal serta kelangsungan daya baterai, penting bagi pengguna perangkat Xiaomi untuk memastikan penggunaan versi sistem operasi yang terkini.

Cara mengatasi baterai hp cepat habis xiaomi ini cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk memperbarui sistem operasi pada perangkat Xiaomi:

  • Navigasikan ke menu Pengaturan atau Settings di perangkat Xiaomi yang digunakan.
  • Pilih opsi About Phone.
  • Jika terdapat pembaruan yang tersedia, lakukan proses pemutakhiran (update).
  • Tunggu hingga proses pemutakhiran selesai.

5. Beralih ke Gim Ringan

Bermain permainan yang memerlukan perangkat dengan spesifikasi tinggi dapat mengakibatkan pemakaian baterai yang cepat habis. Sebagai alternatif, mencoba permainan dengan grafis yang lebih rendah dapat mengurangi beban CPU. Dengan demikian, penggunaan baterai dapat tetap optimal tanpa harus menghabiskan sisa daya yang tersedia.

6. Ubah Setelan Kinerja ke Balance

Jika ingin memaksimalkan kinerja perangkat, memilih opsi Performance pada pengaturan ponsel pintar dapat menjadi solusi yang menguntungkan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan opsi ini dapat menyebabkan peningkatan konsumsi daya karena berbagai komponen perangkat akan membutuhkan lebih banyak energi untuk beroperasi secara optimal.

Sebaliknya, mengubah pengaturan kembali ke opsi Balance bisa menjadi pilihan yang bijaksana bagi pengguna yang mengutamakan kenyamanan penggunaan perangkat tanpa harus khawatir tentang cepatnya habisnya daya baterai. Selain itu, dengan melakukan penyesuaian ini, perangkat juga dapat terhindar dari risiko overheating yang dapat mengganggu kinerja maupun kenyamanan penggunaan.

Itulah 6 cara mengatasi baterai hp cepat habis xiaomi. Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, baterai smartphone yang digunakan tidak akan cepat habis.

Leave a Comment