Cara Melihat Kecepatan Wifi dengan 6 Situs Terpercaya Ini

cara melihat kecepatan wifi

Wifi merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan perangkat elektronik terhubung ke jaringan internet atau jaringan komunikasi lokal tanpa menggunakan kabel fisik. Namun banyak orang yang menggunakan wifi namun tidak tahu cara melihat kecepatan wifi dengan benar.

Perlu diketahui bahwa wifi ini singkatan dari Wireless Fidelity. Wifi ini menggunakan gelombang radio untuk memudahkan data antar perangkat, seperti ponsel, tablet dan komputer. Namun jika wifi lemot pasti akan mengganggu aktivitas dalam penggunaan jaringan. Berikut cara melihat kecepatan wifi yang perlu diketahui:

1. Speed Test Google

Bagi yang ingin melihat kecepatan wifi, maka disarankan untuk menggunakan speed test google. Seperti yang telah diketahui bahwa google juga mempunyai layanan untuk memeriksa sebuah kecepatan pada internet wifi. Bagi yang belum tahu caranya cukup mudah. Berikut cara melihat kecepatan wifi dengan menggunakan speed test google:

  • Bukalah google search pada browser di hp ataupun laptop

  • Kemudian lakukan pencarian atau dengan mengetik speed test

  • Selanjutnya, pada daftar hasil pencarian akan muncul sebuah kolom untuk menguji kecepatan internet.

  • Langkah selanjutnya klik jalankan uji kecepatan pada kolom yang sudah disediakan

  • Setelah itu tunggu sebentar untuk hasil akan ditampilkan pada halaman yang terbaru.

2. Speedtest by Ookla

Cara selanjutnya dengan menggunakan speedtest by ookla. Speed by Ookla ini adalah salah satu jenis situs yang berguna untuk mengecek kecepatan internet yang cukup banyak dikenal oleh kalangan anak muda yang tidak gaptek.

Caranya juga cukup mudah, hanya dengan mengunjungi laman google dan ketik Speedtest.net. Jika lama sudah terbuka langsung saja klik mulai. Jika sudah tunggu sebentar, maka situs web ini akan segera mendeteksi kecepatan wifi. Hanya saja kecepatan ini membutuhkan waktu sekitar 2 menit.

3. SpeedSmart

Speedmart ini sebuah situs web yang memiliki fitur untuk melakukan cek kecepatan pada jaringan internet. Caranya hampir mirip ketika menggunakan speedtest by Ookla.

Situs ini juga dikenal akurat untuk mengecek kecepatan wifi. Oleh karena itu banyak yang menggunakan situs ini.

4. Fast.com

Fast.com adalah platform penguji kecepatan internet yang dirancang oleh tim Netflix. Untuk mengevaluasi performa wifi, Anda dapat mengakses situs ini melalui browser di perangkat laptop atau ponsel.

Tanpa memerlukan interaksi lebih lanjut, setelah membuka halaman, platform ini secara otomatis akan memulai pengujian kecepatan wifi. Hasil pengukuran akan segera ditampilkan tanpa perlu adanya tindakan tambahan dari pengguna.

5. Open Speed Test

Mirip dengan keempat platform sebelumnya, Open Speed Test juga menyediakan fasilitas utama untuk melakukan evaluasi kecepatan internet. Untuk mengecek kecepatan internet melalui Open Speed Test, kunjungi situs Openspeedtest.com.

Setelah situs terbuka, aktifkan proses pemeriksaan dengan mengklik ikon “play” untuk mengukur kecepatan internet pada wifi yang sedang terhubung di perangkat Anda. Setelah pengujian selesai, hasil kecepatan unduh, unggah, dan latensi dari jaringan wifi dapat dilihat oleh pengguna.

6. Bandwidthplace.com

Cara selanjutnya dengan menggunakan situ Bandwidthplace.com. Untuk menggunakan layanannya, cukup akses situs tersebut dan aktifkan pengujian dengan mengklik tombol Start.

Penting untuk dicatat bahwa dalam Bandwidth Place terdapat opsi Server, memudahkan pengguna dalam memilih lokasi server yang diinginkan. Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi jenis penyedia layanan apa yang saat ini digunakan oleh pengguna.

Demikianlah pembahasan seputar cara melihat kecepatan wifi dengan enap situs terpercaya dan akurat. Dengan adanya informasi ini memudahkan bagi yang ingin mengecek kecepatan wifi namun belum tahu caranya.

Leave a Comment