Cara Mengatasi Google Drive Minta Izin Akses dan Alasannya

cara mengatasi google drive minta izin akses

Google drive merupakan salah satu layanan yang bisa dilakukan untuk menyimpan berbagai bentuk file. Namun jika google drive ini ingin bisa diakses oleh orang lain, perlu mengetahui cara mengatasi google drive minta izin akses yang bisa dilakukan.

Akses merupakan salah satu hal penting dari banyaknya hal lainnya yang harus dimiliki apabila ingin membuka google drive. Hal ini tentu sangat mengganggu sebuah pekerjaan yang harus dilakukan pada saat itu juga.

Oleh karena itu, agar bisa memahami dengan detail akan diberikan terkait dengan penjelasan mengenai langkah yang dapat dilakukan untuk bisa mengatasi dokumen google drive yang minta izin akses. Selain itu, akan diberikan penjelasan terkait dengan alasan kenapa harus meminta akses.

Cara Mengatasi Google Drive yang Meminta Izin

Hal pertama yang akan diuraikan ini yakni terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan oleh orang lain yang membutuhkan dokumen tersebut untuk bisa mengatasi google drive yang minta sebuah izin akses. Untuk lebih jelasnya, berikut uraiannya:

  • Langkah awal yang harus dilakukan adalah silahkan klik link google drive yang sebelumnya telah dibagikan dan minta izin akses.

  • Namun jika belum masuk ke akun google yang dimiliki, maka diharuskan untuk login terlebih dahulu.

  • Langkah yang selanjutnya yakni, jika pengguna telah berhasil masuk ke akun google yang dimiliki, maka akan mendapatkan sebuah pesan yang bertulisan “you need permission”.

  • Selain adanya keterangan tersebut, akan ada keterangan tambahan yang bertuliskan “acces denied”.

  • Langkah yang selanjutnya yakni, silahkan lihat pada halaman bawah yang telah disediakan untuk pengguna agar bisa menuliskan pesan permintaan kepada pemilik.

  • Jika sudah, silahkan klik opsi “request access”.

  • Tunggu beberapa saat sampai dengan pemilik file tersebut memberikan izin akses google drive.

  • Langkah terakhir yang bisa dilakukan yakni akan mendapatkan sebuah pemberitahuan dari email yang berisi bahwa pengguna sudah bisa mengakses google drive tersebut.

Kenapa Harus Meminta Akses Google Drive?

Jika telah mengetahui terkait dengan cara mengatasi google drive meminta izin akses, maka perlu diketahui pula terkait dengan alasan dibalik hal tersebut. Untuk itu, berikut ini beberapa alasan kenapa harus meminta izin akses, diantaranya:

1. Untuk Menjamin Privasi dan Keamanan Dokumen

Hal pertama  yang menjadi alasan kenapa harus meminta izin akses yakni terkait dengan privasi dan juga keamanan. Perlu diketahui bahwa, google drive ini memiliki misi bahwa ingin melindungi dokumen pemilik.

Selain itu, google drive ini juga ingin memastikan bahwa hanya orang orang yang memiliki kewenangan atas dokumen tersebut untuk bisa mengaksesnya. Oleh karena itu, dengan hal ini bisa menjadi bukti bahwa penggunaan google drive ini cukup aman.

2. Dapat Mengontrol Sebuah Kolaborasi

Kolaborasi yang dimaksudkan disini adalah terkait dengan hal yang dilakukan pada dokumen tersebut. Perlu diketahui bahwa, apabila ingin berbagi file tersebut, maka dengan akses izin ini pemilik bisa mengontrol siapa saja yang mengakses file ini.

Selain itu, pemilik juga bisa mengetahui siapa yang sedang melihat, mengedit dan bahkan mengomentari google drive ini. Oleh karenanya, pemilik bisa membatasi sebuah akses yang akan dibagikan kepada orang yang membutuhkan dokumen ini.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi google drive minta izin akses yang bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, dalam uraian ini juga telah diberikan terkait dengan penjelasan kenapa harus meminta izin akses pada google drive.

Leave a Comment