Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Untuk Hp dengan Mudah

cara membuat alat penangkap sinyal wifi jarak jauh untuk hp

Kini, hampir semua kegiatan memerlukan bantuan internet sehingga banyak yang memanfaatkan WiFi. Akan tetapi, ada masanya jika wifi tidak bisa terdeteksi karena jaraknya cukup jauh. Namun ternyata ada cara membuat alat penangkap sinyal wifi jarak jauh untuk hp.

Perlu diketahui bahwa, pembuatan sebuah alat yang digunakan untuk menangkap sinyal wifi ini memiliki berbagai keuntungan. Adapun salah satunya yakni internet yang yang tidak mengalami penurunan akses koneksi atau tidak terjadi lag.

Oleh karenanya, banyak pengguna yang ingin membuat alat untuk dapat menangkap sinyal sebuah WiFi dengan jarak yang lumayan jauh dan diperuntukkan untuk Hp. Untuk itu, berikut uraian terkait dengan cara yang bisa dilakukan diantaranya:

1. Memanfaatkan Botol Bekas Untuk Penguat Sinyal

Hal yang bisa dilakukan untuk bisa membuat alat penangkap sinyal ini yakni dengan memanfaatkan botol bekas yang dimiliki. Lantas bagaimana langkah yang bisa dilakukan? Berikut langkah langkahnya:

  • Siapkan beberapa peralatan yang diperlukan seperti gunting, kertas alumunium foil sebagai penutup dan juga botol.

  • Jika sudah disiapkan semua, silahkan gunting botol pada bagian tengah sampai bawah. Perlu digaris bawahi bahwa, ketika memotong botol ini harus dalam posisi lurus.

  • Pada bagian botol yang telah terbuka tersebut, bisa dilapisi menggunakan kertas alumunium foil. Hal ini bertujuan agar dapat menguatkan sinyal.

  • Sedangkan bagian leher botol yang masih melekat tersebut, bisa dimasukkan pada antena modem WiFi. Hal ini bertujuan agar dapat memperluas area sinyal WiFi.

2. Memodifikasi Kaleng Bekas Untuk Penguat Antena

Cara yang selanjutnya yakni bisa dilakukan dengan memanfaatkan sebuah kaleng bekas. Adapun langkah yang perlu dilakukan ini cukup mudah dan juga praktis. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak uraian langkah berikut:

  • Siapkan berbagai peralatan yang diperlukan seperti kaleng bekas, dan juga gunting.

  • Apabila telah disiapkan, silahkan gunting pada bagian atas kaleng dan diikuti dengan bagian bawah kaleng tersebut secara melingkar. Namun dalam hal ini, perlu diperhatikan bahwa tutup kaleng tidak terpisah dengan kaleng tersebut.

  • Masukkan antena modem WiFi pada bagian tutup kaleng. Hal ini digunakan sebagai tempat penyanggah antena.

  • Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa sinyal WiFi telah tersebar secara sempurna.

3. Memanfaatkan Kertas Alumunium Foil

Cara membuat alat penangkap sinyal wifi jarak jauh untuk hp yang selanjutnya yakni dengan menggunakan sebuah kertas alumunium foil. Hal ini dikarenakan, aluminium foil ini mampu memantulkan sebuah sinyal internet. Untuk itu, simak langkah berikut:

  • Siapkan alumunium foil. Adapun untuk ukuran dari kertas ini, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila menggunakan kertas yang lebih besar, maka akan semakin baik pula.

  • Jika sudah, bentuk kertas alumunium foil ini dengan menggunakan sebuah corong. Hal ini dilakukan dengan cara bagian bawah dibentuk dengan lebih besar yang bertujuan untuk membentuk antena WiFi.

  • Langkah terakhir yakni lakukan pelapisan tersebut secara terus menerus sampai tebal.

4. Memanfaatkan Corong Besar Bekas Untuk WiFi Booster

Selain menggunakan cara yang sebelumnya telah diuraikan, masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Adapun cara tersebut yakni dengan menggunakan corong besar. Untuk langkah yang perlu dilakukan ini cukup mudah, diantaranya:

  • Siapkan corong besar yang telah dibersihkan dari berbagai jenis kotoran.

  • Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memotong bagian bawah corong. Adapun pemotongan ini kurang lebih pada bagian tengah sampai dengan bagian lubang bisa masuk ke antena WiFi.

  • Apabila sudah, silahkan potong pula bagian atas agar sisi setengahnya bisa lebih rendah.

  • Langkah terakhir yakni dengan memasukkan corong plastik tersebut ke antena WiFi.

Itulah uraian terkait dengan cara membuat alat penangkap sinyal wifi jarak jauh untuk hp. Perlu diketahui bahwa, pengguna bisa memilih salah satu cara dalam pembuatans ebuah alat penangkap sinyal yang dirasa mudah untuk dilakukan.

Leave a Comment