Inilah Fungsi Voice Over Internet Protocol Beserta Kelebihannya

fungsi voice over internet protocol

Era teknologi saat ini semakin berkembang salah satunya ditandai dengan kehadiran teknologi komunikasi yang bernama VoIP. Teknologi ini bisa diaplikasikan setiap hari namun sebagian kalangan masih asing dengan fungsi voice over internet protocol tersebut.

Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan VoIP? Bila pengguna tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut. Maka artikel ini akan merangkum penjelasan seputar apa yang dimaksud VoIp, beserta fungsinya, cara kerja, dan kelebihan dari VoIP.

Apa yang Dimaksud VoIP?

VoIp adalah terobosan teknologi dalam dunia komunikasi pada era modern seperti saat ini, guna untuk memudahkan semua komunikasi dalam jarak jauh. Keunggulan VoIp, memudahkan semua aktivitas komunikasi dan berlangsung cepat dan tentunya murah.

Voice over internet protocol merupakan singkatan dari VoIp, atau biasa dikenal sebagai internet Telephony serta digital iPhone. VoIP mengubah suara menjadi data untuk dikirimkan melalui jaringan internet atau IP (internet protocol).

Menggunakan cara ini, hubungan komunikasi jarak jauh menjadi lebih simpel, bisa digunakan kapan saja serta murah. Dengan standar protokol open source sehingga menjadikan VoIP banyak dimanfaatkan dalam dunia komunikasi.

VoIP juga mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan telepon yang biasa. Untuk itu simak beberapa kelebihan voice over internet protocol sebagai berikut ini:

  • Bila berlangganan biaya yang ditawarkan umumnya lebih murah jika dibanding telepon yang biasa.

  • Koneksi Internet yang lebih memadai, jika telepon melalui VoIP mama suara yang dihasilkan juga berkualitas tinggi. Selain itu Output audio yang dikeluarkan dari panggilan suara bisa lebih jernih.

  • Mendukung untuk berkomunikasi dalam jarak jauh.

  • Menawarkan berbagai fitur sebagai pendung seperti panggilan video, panggilan suara dan lain sebagainya.

  • Biaya berlangganan VoIp berskala internasional dan melalui internet sehingga lebih murah untuk digunakan.

Fungsi VoIP

Selain mengetahui maksud VoIp pengguna juga harus mengetahui beberapa fungsi voice over internet protocol ini. Yakni sebagai penghubung komunikasi jarak jauh dengan menggunakan internet sebagai medianya. Selain itu juga memiliki fungsi lain:

  • Signalling. Berfungsi sebagai penangkap jaringan bagi penerimanya atau nomor tujuan, sehingga pengguna dapat melakukan pengiriman pesan.

  • Call Connect atau Disconnect. Membolehkan bagi Penerima panggilan untuk menerima panggilan tersebut atau sebaliknya yakni memutuskan panggilan.

  • Database Service. Memiliki fungsi untuk endpoint atau mencari tujuan akhir yang harus dituju. selain itu juga digunakan sebagai interpretator alamat yang diaplikasikan pada dua jaringan bahkan berbeda.

  • Codecs Operations. Berfungsi sebagai pengubah suara menjadi paket data atau sinyal digital (decoder atau coder).

Cara Kerja dari VoIP

Cara kerja VoIP yaitu suara speaker yang diproses dan diubah menjadi suara analog selanjutnya dijadikan data digital. Selanjutnya paket data tersebut akan dikirimkan dan diteruskan melalui Hub, modem ADSL atau router dengan menggunakan jaringan internet.

Pengiriman sinyal menuju pada nomor tujuan atau remote destination dapat diakses secara digital. Dalam artian data suara sebelum ditransmisikan pada penerima maka sinyal analog akan terlebih dahulu diubah kembali menjadi sinyal digital melalui converter (ADC).

Apabila data sudah selesai diubah, selanjutnya data tersebut baru akan dikirimkan pada penerima. Jika nantinya data sudah sampai pada tujuan atau penerima, sistem akan secara otomatis mengembalikan data tersebut menjadi analog melalui DAC.

Konsep yang lebih mudah atau sederhana untuk memahami cara kerja VoIP yakni ada dua perangkat yang saling terhubung pada jaringan internet. Selain itu, kedua perangkat tersebut juga sama-sama memanfaatkan aplikasi VoIp.

Demikian penjelasan seputar VoIP beserta kelebihan dan fungsi voice over internet protocol. yang dapat pengguna jadikan sebagai referensi, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Comment